Friday 7 March 2014

Cara Jitu Mengamankan Akun Facebook

Basi ya? Yupz, karena jika kita searching di Google tentang topik ini pasti bejibun ditambah dengan blog AGC yang menghiasi di hasil pencariannya. Tapi saya merasa terusik untuk membuat entri ini, mungkin ini tips ala saya saja (sedikit mengikuti tips dari yang lain). Pada pembahasannya saya usahakan sesederhana mungkin. OK, mengacu pada judul di sini saya membahas bagaimana sih cara melindungi akun Facebook supaya tidak mudah dicuri (dihack kali? tidak, kata itu terlalu berlebihan bagi kasus yang hanya pencurian akun Facebook).

Kenapa "supaya tidak mudah dicuri", tidak "supaya tidak bisa dicuri" berarti kalau seperti itu dengan usaha yang lebih keras masih bisa dicuri? Yupz, selain cara teknis yang bisa dilakukan untuk mencuri akun Facebook masih bisa cara lain seperti pengelabuan langsung ke si korban dengan cara yang beragam. Langsung saja, berikut beberapa tips untuk melindungi akun Facebook supaya tidak mudah dicuri:
  • Usahakan akun agan terverifikasi, bisa dilakukan dengan cara menambahkan nomor HP agan dan pastinya harus aktif. Bagaimana caranya? Mudahnya bisa dilakukan dengan mengklik link ini. Kenapa perlu memverifikasi akun? Satu hal yang saya ketahui bahwa jalan terakhir untuk mendapatkan kembali akun agan setelah dijebol sana-sini dan saking banyaknya orang yang memperebutkan akun agan sehingga akun agan diblokir sementara oleh pihak Facebook adalah dengan melakukan verifikasi melalui nomor HP yang agan tambahkan, dari sana agan bisa mendapatkan akun Facebook agan lagi. Wah, nomor HPnya bisa dilihat banyak orang dong, nanti banyak yang iseng? Facebook melindungi privasi agan, jadi nanti ada pilihan untuk memunculkan atau tidak memunculkan nomor HP agan tapi direkomendasikan untuk menyembunyikannya. Jika agan merasa akun agan adalah sangat penting, agan bisa mengaktifkan Facebook SMS dan mengaktifkan login notifications sehingga kalau ada perangkat baru yang masuk akan ada SMS pemberitahuan.
  • Setelah menambahkan nomor HP, usahakan agan menambahkan alamat email alternatif dan membuat pertanyaan keamanan. Untuk mudahnya bisa dilakukan dengan mengklik link ini. Lihat Overall Protection di pojok kiri atas, jika agan sudah menambahkan nomor HP, alamat email alternatif dan menentukan pertanyaan keamanan maka levelnya akan tinggi atau high sampai sana agan sudah cukup mengisi account recovery information. Perlu diperhatikan dalam menentukan pertanyaan keamanan, pertanyaan dan jawaban jangan terlalu familiar misalnya pertanyaan "di mana ibu Anda dilahirkan?" dan jawabannya "jakarta", itu sangat rentan tertebak. Usahakan jawaban dari pertanyaan keamanan tersebut hanya agan yang tahu dan ingat! Jangan sampai lupa!
  • Keamanan akun email agan harus diperhatikan, ini penting mengingat banyak kasus penjebolan akun Facebook melalui akun email khususon di Yahoo! dengan cara menebak password atau menebak pertanyaan keamanan. Usahakan pertanyaan keamanan khususon di Yahoo! agan buat sendiri dan jawaban hanya agan yang tahu dan jangan sampai lupa. Selain itu kompleksitas password juga diperlukan. Kalau perlu tambahkan nomor HP agan di akun email
  • Password akun Facebooknya, gan. Jangan disamakan dengan akun yang lain, apalagi dengan akun email yang terkait dengan akun Facebook agan. Rekomendasi, usahakan password agan memiliki kombinasi huruf kecil, kapital, angka atau kalau perlu simbol/tanda baca yang ada di keyboard. Kalau ada kombinasi seperti itu, saya yakin password 6 digit saja sudah kuat tapi saya sarankan untuk password lebih dari 10 digit dan tidak membentuk kosakata atau pola tertentu. Ini berlaku juga untuk melindungi akun email agan.
  • Waspada penipuan. Misalnya (cara lama), agan suka bermain game khususon Poker dan agan memiliki chips yang sangat banyak, otomatis Facebook agan menjadi inceran para pencuri akun Facebook. Nah, suatu ketika agan mendapatkan pesan atau kiriman di wall atau lain-lain dari orang yang tidak dikenal atau yang mengaku dari pihak Facebook. Modus biasanya iming-iming hadiah chips dan gold atau ancaman pemblokiran akun Facebook. Kalau dalam pesannya ada link terus agan klik dan muncul halaman yang meminta email dan password agan ingat gan jangan diisi kalau mau iseng silahkan isi apa aja asal jangan email & password agan. Satu lagi, jangan memasukkan email & password agan di situs yang tidak berdomain facebook.com.
  • Hati-hati dalam menambah atau mengkonfirmasi permintaan pertemanan, jangan asal add dan confirm orang yang tidak dikenal, gan. Karena bukan tidak mungkin orang tersebut dapat menyalahgunakan status pertemanannya untuk menjebol akun agan.
  • Waspada keylogger. Namun, disalahgunakan oleh mereka pencuri akun. Pencegahannya yaitu agan harus waspada jika browsing di tempat umum contohnya warnet yang belum agan percayai sepenuhnya. Jika agan merasa curiga, agan bisa menggunakan On-Screen Keyboard yang tersedia default di Windows supaya penekanan tombol tidak terekam.
Relatif ribet ya gan, tapi jika agan ingin memanfaatkan social network dengan sebenar-benarnya memang harus mengisi informasi akun yang seasli-aslinya dan pastinya ingin aman dong dari gangguan para peretas/pencuri akun Facebook. Untuk masalah privasi tenang saja gan, privasi agan relatif dilindungi.
Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda 
 Syamsul bahri bispol