Friday 14 March 2014

Cara Terbaik Dan Aman Membeli Domain Bagus Dan Terpercaya




 







Bagi anda para pengguna jejaring internet, khususnya yang para webmaster dan blogger, sudah pasti masih banyak yang belum mengetahui tentang yang namanya domain. Domain adalah nama atau identitas sebuah website /blog yang untuk berguna sebagai sarana alamat akses didunia maya.



Domain pula adalah nama yang penting bagi sebuah website /blog, oleh karena itu anda harus lebih berhati-hati dalam membeli sebuah domain. Belilah domain pada website yang benar-benar sudah terpecaya, misalnya  godaddy.com termasuk perusahaan penyedia domain terbesar didunia.

Berikut adalah tips cara sebelum membeli domain untuk. Website anda
  • Cek Umur Domain website penjual domain tersebut. Untuk mengecek umur domain, anda bisa menggunakan tool whois, Lamanya umur domain menandakan seberapa populernya domain tersebut di internet.
  • Cek Google PageRank domain yang ingin anda beli, untuk mengecek google pagerank, anda bisa mengunjungi situs ini: Prchecker.info, Mypagerank.net. Google pagerank mempunyai tahap peringkat 1 – 10. semakin tinggi peringkat domain anda maka semakin baik dan sangat mudah untuk terindeks di google search, peringkat 10 adalah peringkat paling tertinggi. Jika website penyedia domain mempunyai pagerank yang bagus, maka ini membuktikan bahwa website tersebut terpercaya karena mendapatkan pagerank itu tidak mudah dan perlu waktu yang cukup lama.
  • Cek Alexa Rank Untuk mengecek alexa rank, anda bisa mengunjungi situs Alexa.com. untuk peringkat alexa berbeda dengan pagerank di google, karena peringkat yang semakin kecil maka semakin baik, peringkat 1 adalah peringkat tertinggi untuk alexa rank yang saat ini diduduki oleh mesin pencari raksasa google. Kisaran alexa rank yang lumayan bagus yaitu sekitar 500.000 kebawah.
  • Penjualnya Mudah Untuk di Hubungi misal ada fasilitas menghubungi melalui telephone, live support, yahoo messenger, email dan lain sebagainya. Pastikan juga bahwa penjual tersebut mempunyai alamat kantor atau rumah yang jelas sehingga apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, anda bisa mendatangi langsung instansi atau orang yang menjual domain tersebut.
  • Panel Kontrol Domain Ini merupakan hal yang cukup penting, pastikan bahwa apabila membeli sebuah domain sobat nantinya mendapat akses penuh ke panel kontrol domain. Hal yang paling penting adalah sobat dapat dengan mudah untuk mengubah Name Server (ns) domain anda karena dari situ sobat nantinya dapat menentukan mau menggunakan hosting dari mana saja. Untuk memastikan bahwa sobat nantinya akan mendapatkan kontrol domain.
  • Harga Murah tentunya dambaan setiap pembeli, namun sedikit kehati-hatian diperlukan. Harga yang sekiranya sangat tidak mungkin harus di jadikan sebuah tanda tanya besar, misalkan harga dipasaran sebuah domain adalah berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 150.000, jika sobat menemukan website atau orang yang dapat menjual dengan harga katakanlah Rp 10.000 atau Rp 20.000 maka itu wajib di curigai. Penipu tidak hanya berkeliaran didunia nyata.
  • Menerapkan Strategi Misalnya : untuk penjualan tahun pertama mereka mematok harga yang sangat murah, misal Rp. 100.000 namun untuk perpanjangan tahun-tahun selanjutnya dipatok harga yang sangat mahal misal Rp. 500.000, oleh karenanya baca benar - benar keterangan yang mereka berikan saat sobat mau membeli domain. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu, berapa harga perpanjangan untuk tahun berikutnya. Keadaan terkadang tidak selalu menyenangkan, ada kalanya kita menemukan hal yang tidak diinginkan. Jika sobat membeli sebuah nama domain, tanyakan juga bahwa apakah nantinya bisa jika suatu saa ingin mentransfer/memindahkan domain.
  • Perhatian! Perlu sobat  ingat, domain merupakan suatu yang terpisah dengan hosting. Jadi, sobat tidak harus selalu membeli domain serta hosting dalam satu website yang sama, sobat bisa membeli domain pada satu website tertentu dan membeli hosting pada website yang lain. Misal, sobat dapat membeli domain di Name.com dan beli hosting pada website  lain Hostgator.com, Rumahweb.com dll.



Sebuah domain dengan hosting ada keterikatan melalui proses mengarahkan domain dari Name Server ( NS ). Setiap paket hosting yang sobat beli, nantinya akan memberikan Name Server tersendiri, tugas sobat mudah hanya mengubah atau mengganti name server pada domain kontrol sobat. karena telah disebutkan sejak awal bahwa pastikan anda mempunyai akses penuh terhadap kontrol domain yang anda miliki, karena untuk mengganti nama server adalah melalui dengan kontrol panel domain, bukan melalui dengan CPanel hosting. Jangan lupa tambahkan jaringan teman ( follow up ) Kolom Blog GRATIS,...


Demikian info dari saya semoba bermanfaat dan sukses selalu salam blogger | Syamsul Bahri